Memulai Kembali Pengajian Jum’at Subuh Pasca Covid 19 Pada 14 Oktober 2022

Setelah diistirahatkan selama dua tahun karena kondisi Covid 19 yang menerpa seluruh dunia (2019-2022), maka Majelis Taklim Jum’at Subuh (MTJS) Bedagan Semarang, pengajiannya kini dimulai lagi. Pengelolaannya mungkin tidak persis sama dengan realisasi yang sebelumnya, mengingat top figur yang menangani pengajian belum ada pengganti yang selefel Bapak Haji Mustain untuk menangani kegiatan yang dulu dilakukan sepekan sekali.

Dimulai Oktober 2022
Atas usul banyak kalangan dari jamaah pengajian Bedagan Semarang, maka pengajian MTJS yang diistirahatkan  itu sekarang akhirnya dimulai lagi pelaksanaannya. Waktu yang disepakati adalah sama hari Jum’atnya, yang resmi dimulai pada hari Jum’at, 14 Oktober 2022. Bersamaan dengan 18 Rabi’ul Awal 1444. Dihadiri oleh peserta yang cukup padat, mirip dengan hari-hari sebelum terjadinya Covid 19.
Tentu saja acara tidak persis sama dengan sebelumnya, mengingat Haji Musta’in, tokoh yang menghendel banvak hal berkenaan dengan acara-acara keagamaan di Semarang Tengah itu, diwafatkan oleh Allah pada waktu sekitar 12 bulan yang lalu, setelah mengalami sakit kelelahan yang dirawat dalam waktu yang agak lama di Tahun 2021 lala.

Pengisi Tidak Tunggal
Dari beberapa kompromi, pengajian yang dulunya dilaksanakan setiap sepekan sekali di saat bakda salat subuh itu pun kini resmi dimulai. Anter-ancernya akan membahas apa juga belum pasti, yang sementara disebut oleh Istri pengelola yang lalu, yaitu Ibu Haji Mustain mungkin di sekitar akhlak dan keagamaan.
Untuk pertama ini, sebagai pembuka, saya lah yang diminta oleh Ibu Mustain untuk mengisinya. Saya bana ke Akidah dan Kemanusiaan di Dalam Kehidupan. Materinya global dulu, agar kita jelas dalam menatap konser kehidupan yang selamet di dua alam yang dihadapi, yatu Negeri Dunia dan Negeri Akhirat.
Mengingat waktu yang disepakati tidak berlangsung mingguan lagi, karena keterbatasan kemampuan di awal pelaksanaan acara, maka waktunya diputuskan berlangsung sebulan sekali (bulan masehi). Tepatnya, dilangsungkan pada Jum’at Awal di bulan berikutnya. Dengan begitu, pada bulan November 2022, pengajian dilaksanakan pada hari Jum’at, 4 November 2022.

Penyegaran Tim
Dengan meninggalnya Bapak Haji Mustain dalam usia sekitar 77 tahun, maka pengelola tentu mengalami perubahan. Misalnya yang menangani bendahara, meminta diganti karena sudah sepuh, yang pernah mengenola sampai 207 juta dana pinjaman. Saya tetap mengisi, tetapi tidak sepenuhnya. Kerena pengisian kitab pun tidak dişisi secara detail dari waktu ke waktu, melainkan diisi dengan model ceramah agak bebeas, walaupun bisa jadi mengambil banan dari kitab-kitab tertentu.
Sejumlah pihak hadir di hari itu, seperti Keponakan Haji Mustain yang menjadi MC, putera pertama dari Haji Mustain, Ibu Mustain, dan segenap peseta pengajian yang sudah menjadi peserta tetap pengajian dari waktu ke waktu sebelumnya.
Demikianlah, semoga pengajian ini diberkahi Allah sejak dimulainya, kelanjutannya, hingga kapan pun yang berjalan ke depan, yang Hanya Allah Swt yang Maha Tahu kapan berakhirnya (Erfan Subahar).

 

3106

3,106 thoughts on “Memulai Kembali Pengajian Jum’at Subuh Pasca Covid 19 Pada 14 Oktober 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *