Menguji Akhir Semester Ilmu Hadis Dua Kelompok Pada Awal Desember 2021

Bayang-bayang rumitnya mengelola perkuliahan pada masa pandemi Covid 19 sama-sama diharapkan segera reda menjelang akhir tahun 2021. Dan ternyata, setelah sama sempat dikagetkan dengan suasana Mei dan Juni 2021 lalu, yang setelah berhari raya Idul Fitri tiba-tiba pandemi Covid 19 kembali menghangat dan menaik dengan cepat, yang membuat sejumlah kekhawatiran masyarakat terpaksa berjaga-jaga di sana-sini. Situasi seperti dimaksud akhir-akhir ini  benar-benr kian terkendali, terhitung sejak bulan Oktober hingga awal Desember 2021.

Kondisi Wabah Mereda dan Terjaga
Alhamdulillah, sejak bulan Oktober 2021 para mahasiswa sama menyaksikan kondisi penanganan Covid 19 di tanah air kita sudah sama membaik. Beberapa kali pelaksanaan perkuliahan dengan pendekatan Blended berjalan lancar. Dan ketika dicoba beberapa kali perkuliahan dilaksanakan secara offline, ternyata sudah dalam keadaan aman. Maka jawaban mahasiswa: ketika ditanya bahwa seluruh yang sudah kuliah sama-sama divaksin dua kali, membuahkan keberanian melangkah untuk melanjutkan kuliah secara offline dan hingga dapat juga memberanikan diri untuk menguji akhir semester dengan cara offline

PPKM Dikontrol Ketat
Jika dalam skala nasional bahkan internasional Indonesia memperketat penanganan wabah agar benar-benar diperoleh penanganan siginikan pandemi Covid 19 di seluruh Indonesia, maka uji coba sebelum memasuki larangan sejak 24 Desember 2021 seperti pelaksanaan UAS tentu bisa dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Pertama, pelaksanaan ujian secara offline adalah karena kondisi di kampus sejauh ini sudah sangat baik dan tidak ada susulan penderita Covid 19 yang bersifat susulan. Kedua, sudah ada beberapa dosen yang dalam uji coba sebelumnya memperoleh kesimpulan serupa, sehingga memungkinkan untuk kuliah yang saya tangani kali ini untuk memberlangsungkan ujian secara offline juga.
Oleh karena itu, dengan telah dipenuhinya 15 atau 16 kali tatap muka perkuliahan, maka ujian akhir semester dapat melangkah dengan pendekatan offline sebagaimana yang dialami dalam situasi normal, namun dengan tetap memperhatikan protokol kesihatan seperti mencuci tangan dengan air yang mengalir, ruangan tetap menjaga jarak, serta memakai masker yang memenuhi syarat protokol kesihatan ketat.

Dua Kelompok
Akhirnya, dua kelompok dalam Studi Ilmu Hadis, pada hari Senin 6 Desember 2021 dapat dilangsung ujian akhir semesternya di ruang D3 Kampus 2 FITK UIN Walisongo. Masing-masing dari kuliah ini yakni PAI IE dan PAI ID dalam studi Ilmu Hadis, dapat melaksanakan UAS pada pukul 7.30-9.30 dan pukul 10.30-12.30 dalam kondisi lancar dan sukses (Erfan Subahar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: