Negara Mana Sajakah Yang Tergolong Tersepi di Dunia: Apa Memang Ada?

Berbicara mengenai negara maka kebanyakan jawabannya mengarah kepada banyaknya penduduk yang menghuninya. Dari situ, jumlah sekitar 500 ribui penduduk hingga yang di atas satu milyar, ialah yang kita anggap suatu negara. Padahal, ada juga negara yang jumlahnya tidak masuk di dalam perhirungan seperti di atas.
Dari pelbagai sumber, diperoleh beberapa negara yang jumlahnya tidak dalam jumlah kategori umum, namun ia sudah dikenal sebagai negara juga, seperti di bawah ini. Orang pun menyebutnya negera yang sepi, yaitu:

1. Negara Tuvalu
Negara Tuvalu adalah sebuah negara terpencil di Selatan Samudera Pasifik. Penduduk asli Tuvalu disebut sebagai orang polinesia, mereka bertubuh tinggi besar, berambut ikal dan berkulit coklat.
Populasi orang di Tuvalu hanya sebanyak 10.000 jiwa, selain menyandang gelar sebagai satu negara terkecil Tuvalu juga disebut negara termiskin di dunia.

2. Negara Nauru
Negara Nauru merupakan negara republik paling kecil di dunia dan jumlah penduduk sepi kurang dari 10.000 jiwa. Negara ini tak mempunyai sistem transportasi umum dan pemasukan tetap untuk negara.
Masalah lingkungan, membuat negara ini menjadi kurang populer di kalangan turis. Selain itu pula, hampir 70 persen penduduknya mengalami obesitas.

3. Negara Niue
Negara Niue memiliki penduduk sebanyak 1.000 jiwa. Meskipun memiliki pemandangan yang bagus, tetapi sektor pariwisata di sana tidaklah maju. Oleh karena itu, pemasukan negara ini tergantung dari bantuan Selandia Baru.
Populasi di Kota Niue tidak lebih dari 600 orang. Namun, negara ini memiliki bandara dan supermarket, masing-masing satu.

4. Kerajaan Seborga
Negara dengan sistem berbentuk kerajaan ini memiliki penduduk sebanyak 300 orang. Kerajaan Seborga sebenarnya adalah sebuah desa yang berada di garis perbatasan Italia dan Prancis.
Karena jumlah penduduknya yang sedikit, negara ini hanya memiliki tiga tentara di sektor pemerintahannya, yakni Menteri Pertahanan dan dua pengawalnya.

5. Kerajaan Hutt River
Kerajaan Hutt River diduduki oleh 30 orang. Menurut suatu sumber, negara ini tidaklah diakui keberadaannya oleh negara lain.
Meski begitu, negara ini memiliki mata uang, perangko dan paspor sendiri.

6. Kerajaan Sealand
Kerajaan Sealand berlokasi 6 mil dari laut gritten. Uniknya dari negara ini bisa beli gelar sesuka kita, cukup dengan mengeluarkan beberapa poundsterling kita bisa memiliki gelar mulia.
Luas dari pekerjaan tersebut sangatlah sempit, yakni sebesar lapangan bola dan dihuni oleh 27 orang penduduk.

7. Republik Molossia
Republik Molossia memiliki populasi sangat sedikit yakni yang dihuni oleh satu keluarga yang berjumlah 7 orang ditambah 3 ekor anjing dan seekor kelinci.
Walaupun memiliki populasi sedikit, Molossia memiliki lagu nasional dan benderanya sendiri.Bahkan Molossia memiliki hukuman mati bagi warganya yang melakukan kejahatan.

Mengetahui hal seperti di atas tentu adalah baik bukan, minimal dapat mengenali adanya hal-hal unik di dunia berkenaan dengan negara. Semoga menambah khazanah kita (Erf).

3928

3,928 thoughts on “Negara Mana Sajakah Yang Tergolong Tersepi di Dunia: Apa Memang Ada?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *