Perwalian Semester Genap FITK UIN Walisongo Tahun 2015-2016

Untuk Semester Genap tahun akademik 2015-2016, saya menangani 45 orang mahasiswa. Mereka berasal dari angkatan tahun 2012, 2014, dan 2015. Dari angkatan 2012, saya menangani 29 orang; dari 2014, menangani 11 orang, dan dari angkatan 2015, saya menangani 5 orang. Jumlah semua peserta perwalian yang saya tangani pada periode ini adalah 45 peserta perwalian.

 

Belajar dengan Nikmat

Belajar yang nikmat tidak semua orang dapat memiliki hal itu. Untuk berusaha ke arah memperoleh rasa seperti itu, beberapa upaya layak diusahakan. Misalnya, sejak dini kepada mahasiswa itu harus didekatkan dengan suasana akrab dengan semua bidang studi melalui belajar tekun. Dari segi lamanya belajar per-hari misalnya, dapat ditentukan untuk program S-1 4 jam di luar jam perkuliahan; dari segi target nilai belajar per-semester IPKnya diperkirakan minimal 3,33-3,50; dari segi penguasaan bidang studi hingga diperoleh kenikmatan belajar mereka diharapkan dapat meringkas dengan mantap setiap mata pelajaran sebelum masing-masing mahasiswa menempuh ujian; juga dari kesihatan badan agar mantap dalam belajar, mereka diharapkan bisa senam dan memenhuhi kebutuhan makan dan minum dengan mantap.

 

Kontak Langsung dan Tidak Langsung

Dalam penanganan perwalian, kontak langsung disyaratkan minimal sekali persemester. Dengan itu, persoalan baik individual ataupun bersama dapat dipecahkan secara langsung antara atau antar peserta perwalian dengan sesamanya atau antara mereka semua dengan walistudi jika persoalannya tidak dapat diselesaikan di antara mereka. Jika sudah bisa diselesaikan di antara mereka dosen wali mempersilakan mereka berkoordinasi sehingga semua persoalan dapat diselesaikan dengan baik dan terencana, sehingga hasilnya bisa optimal.

Sementara pemecahan yang bersifat tidak langsung, namun tidak terlalu jauh dari yang pertama tadi adalah, kita pecahkan melalui forum watch Apps (WA), yaitu forum interaktif yang lazim berkembang di antara peserta dengan peserta dan peserta dengan dosen wali. Tentu biasa WA adalah gratis.

 

Akhir kata, demikian perwalian yang berjalan pada semester genap sekarang ini. Dalam pertemuan yang dilaksanakan pada hari Senin, 22 Pebruari 2016 ini, hanya ada seorang yang belum hadir. Alasannya, yang bersangkutan izin, sebab masih harus menyelesaikan tugasnya di Kursus Bahasa Inggris di Pare Kediri (Erfan S).

1 thought on “Perwalian Semester Genap FITK UIN Walisongo Tahun 2015-2016

Leave a Reply

Your email address will not be published.