Pesan Nabi Saw, Bagi Peningkatan Ketika Beridul Fitri

Pada kesempatan Berhalal Bihalal Bani H. Mohammad Hamid Kudus tahun 1437/2016, saya ingin menyampaikan hal penting. Ada 4 pesan pokok Nabi Muhammad saw, yang menurut saya layak dipilirkan ketika kita sedang merayakan Idul Fitri yang dikemas dalam acara Halal Bihalal Paguyuban Bani Mohammad Hamid ini.

Nabi Muhammad saw berpesan, “Wahai segenap manusia, tebarbarkanlah oleh kalian salam, lalu berikanlah oleh kalian sedekah makanan, kemudian bersilaturahmilah kalian, serta bersalat malamlah kalian maka kalian akan dapat masuk surga dengan selamat.”

 

Empat Pesan Nabi saw

1- Menebar Salam. Menebar salam berari menebar damai agar diri dan sesama di alam sekitar atau alam raya ini dapat terselamatkan dan damai di dalam kehidupan ini. Agama Islam adalah agama yang mengajarkan kedamain dan keselamatan. Selain damai bagi dirinya dan siap damai dengan masa lalu dan masa depan, manusia perlu ikut serta bersama-sama mendamaikan dunia ini. Selain melalui ucapan Assalamu’aiakum wa Rahmatullah, Islam mengajarkan kepada kita hidup damai; damai diri terhadap masa lalu kita masing-masing damai terhadap masa yang dihadapi, juga damai bagi lingkungannya.

2- Bersedekah Makanan. Bersedekah makanan bagi sesama adalah sangat besar pahalanya. Karena makanan dapat menjadikan darah dan menjadi bagian penting dari anggota badan manusia, yang darinya dapat berkembangbiak menjadi organ-organ penting dalam diri manusia. Maka selama menjadi organ penting seseorang, dan digunakannya untuk beribadah kepada Allah, maka amaliah memberi makan akan menjadi amal jariyah mereka yang memberi makan itu. Itulah, teladan Nabi Ibrahim a.s. kepada umat, dimana beliau sangat suka memberi makan kepada para tamunya di setiap makan siang.

3- Bersilaturahmi. Hadir diri di dalam kehidupan dalam arti bertemu muka dan pikiran, yang dilakukan dengan cukup sehingga terbina jarinya yang baik, dikenal dengan silaturahmi. Dengan bersilaturahmi maka banyak hal yang dapat diperoleh seperti pertimbangan bagi suatu kesulitan, ijazah dzikir yang bermanfaat bagi ketenangan dan gerakan dinamikan kehidupan, serta nasihat-nasihat baik dapat kita temukan di dalam kehidupan.

4- Bersalat Malam. Salat malam banyak macamnya sejak salat tahajud, salat tasbih, salat hajat, yang jika ramadhan ditambah dengan salat tarawih adalah ibadah yang sangat penting. Ibadah ini dari pentingnya, diwajibkan oleh Allah Swt kepada Nabi Muhammad saw. Disunahkan kepada kita. Di dalamnya berisi kebaikan dan dampak keluarnya berisi kemulian seseorang di dalam kehidupan. Dan tatkala Ramadhan sudah ditinggalkan, maka adalah sudah sepatutnya ia terus kita jalankan dengan yang terbaik, semoga menjadi penyebab kita bermanfaat di dalam kehidupan ini.

 

 

1765

1,765 thoughts on “Pesan Nabi Saw, Bagi Peningkatan Ketika Beridul Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *