Studi Naqd al-Hadis: UTSnya Ke Lapangan Menemukan Data Primer

Pada tahun ajaran semester gasal 2016-2017 ini, UTS Ujian Tengah Semester mahasiswa saya atur untuk berkesempatan terjun ke lapangan, membuat i’tibar al-sanad dan tabel ittishal al-sanad. Maka empat kelompok yang saya tangani dalam studi ini saya tugas untuk terjun ke perpustakaan dan menggarap pekerjaannya di perpustakaan dengan memperoleh data primer di lapangan. Mereka saya tugaskan membuat skema hadis sahih dan hadis dhaif atau maudhu’ dalam klasifikasi tugas sebagai berikut:

1- Kelompok Naqd al-Hadits Selasa Jam I: saya tugaskan membuka Kitab Shahih Muslim, kitab al-Dhu’afa dan  Tahdzib al-Tahdzib/Tahdzib al-Kamal

2- Kelompok Naqd al-Hadits Selasa Jam II: saya tugaskan untuk membuka Sunan al-Tumudzi,  kitab al-Dhu’afa dan sda.

3- Kelompok Naqd al-Hadits Rabu Jam I:  saya tugaskan untuk membuka Shahih al-Bukhari,  kitab al-Dhu’afa, dan sda.

4- Kelompok Naqd al-Hadits Rabu jam V:  saya tugaskan untuk membuka Kitab Sunan Abu Daud,  kitab al-Dhu’afa, dan sda

Dalam pelaksanaannya, mereka mengerjakan pembuatan skama hadis (I’tibar al-Sanad) dan membuat tabel dari tugas yang digarab, masing-masingnya spesifik, tidak ada yang sama, yang setelahnya dikumpulkan kepada dosen, sebagai tugas UTS. (Erfan Subahar).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *