Ungkapan Hikmiyah Ke-6

51. Salah satu cara bijak adalah belajar kelebihan bangsa lain. Dari Australia, di sana burung itu tidak boleh diudak, ditembak atau dibunuh semau kita; kalau memancing ikan hanya boleh mengambil yang jantan saja sedang betina dan yang masih kecil dilepas; dan hidup itu terus memberdayakan diri sampai optimal (Erfan S Bris, 27-10-2013).

52. Ada juga pelajaran dari bangsa lain. Dari Queensland Australia, di sana air ledeng bisa untuk mandi dan sekaligus diminum, sedang di Belanda ada daerah di bawah permukaan laut tapi airnya dikelola baik hingga tidak banjir dan air di musim hujan bisa di tampung untuk stok air bagi musim kemarau (Erfan S Bris, 28-10-2013).

53. Dari negara lain ada juga pelajaran; biasa hidup tertib di tempat-tempat umum, merasa sangat malu jika hidup sampai mencuri apalagi korupsi, dan penduduk bisa baik jika sistem negara diatur lengkap dengan etikanya yang jelas (Erfan S, 29-10-2013).

54. Jangan bingung ketika anak kita sudah lahir; berilah nama yang baik, akikahilah hingga yakin bahwa ia anak kita, berilah bekal dan selamatkan sarafnya hingga usia 4 tahun, dan didiklah dengan ilmu dan akhlak yang karimah (Erfan S Bris, 30-10-2013).

55. Membuat tim unggul bisa mulai dengan penyadaran bahwa kerja tim adalah kerja dalam kebersamaan, siap terus dalam kesatuan yang kompak, dan terus memperteguh diri bahwa tim bukan sekadar kumpulan orang, tetapi suatu tim yang dibentuk hingga bisa menjadi tim yang super (Erfan S Bris, 30-10-2013).

56. Salah satu pelajaran demokrasi di Australia yang menarik dan sejalan dengan ajaran agama adalah wajibnya rakyat memilih perdana menteri yang mewakili partai yang akan memimpinnya, dan diberi sanksi mereka yang golput (Erfan S Bris, 31-10-2013).

57. Salah satu bentuk tim yang dapat menandingi dan mengalahkan tim kejahatan yang banyak terkoordinasi secara profesional mendunia di masa kini adalah tim yang super atau super team. Maka bentuklah dan aktifkan kerjanya (Erfan S Bris, 1-11-2013).

58. Suatu tim yang super mesti menghadapi ujian-ujian dalam melaksanakan kerjanya; meliputi ujian di awal pembentukan, ketika tengah melaksanakan tugas-tugas, dan  menjelang penyelesaikan tugas-tugas, maka tetap waspadalah (Erfan S, 2-11-2013).

59. Di antara sarana yang tetap membuat kalah negara berkembang oleh negara maju adalah tersedianya perpustakaan, yang memberi layanan bagi penggunanya selama 24 jam dan bisa diakses oleh kalangan luas (Erfan S, 3-11-2013).

60. Suatu wahana studi untuk memacu spirit belajar ilmuwan di tingkat pendidikan tinggi, yang dapat menularkan prestasinya ke kalangan peserta didik dan masyarakat luas diantaranya program post doktor dan visiting professor (Erfan S, 4-11-2013).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *