Kajian Hasan Su’aidi: Metode Pemahaman Hadis Ali Mustafa Yaqub dalam al-Ṭuruq al-Shahihah Fi Fahmi al-Sunnah al-Nabawiyyah

Pada hari Rabu, 29 Desember 2021, di Ruang Ujian Promosi Pascasarjana Lantai 3 Kampus I UIN Walisongo Semarang berlangsung sidang Promosi S3 dari saudara Hasan Su’aidi. Acara dimulai pukul 09.00 sampai selesai.

Permasalahan dan Pendekatan
Aspek penting dalam kajian hadis adalah pemahaman. Untuk memahami hadis secara tepat, diperlukan seperangkat metode.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan: (1) Mengapa Ali Mustafa Ya’qub menerapkan kerangka metode tertentu dalam memahamai hadis?
(2) Bagaimana kerangka dan cara kerja metode yang digunakan Ali Mustafa Ya’qub dalam memahami hadis Nabi?
(3) Bagaimana terapan metode pemahaman hadis yang ditawarkan Ali Mustafa Ya’qub terhadap hadis-hadis yang beredar di masyarakat? Jenis penelitian ini adalah library research, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan biografi, sosiologi pengetahuan, dan analisis wacana kritis.

Temuan
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Kitab ini lahir berawal dari status Ali Mustafa Yaqub sebagai pengajar materi kuliah pemahaman hadis di kampus maupun di Darussunnah, untuk memudahkan pembelajaran sekaligus sebagai gambaran materi metode pemahaman hadis yang ideal. (2) Kerangka dan metode yang digunakan Ali Mustafa Ya’qub dalam memahami hadis adalah mendahulukan analisis kebahasaan matan (teks) dengan berbagai pendekatan, kemudian melakukan analisis terhadap konteks (mā haula al-Na), (3)  Metode pemahaman hadis yang ditawarkan Ali Mustafa Yaqub hanya diaplikasikan kepada hadis-hadis yang ia pilih dan ia cantumkan di dalam kitabnya. Maka metode pemahaman hadis yang ia tawarkan belum teruji untuk menganalisis hadis-hadis lain yang banyak beredar di masyarakat, terlebih jika metode tersebut dikaitkan dengan kajian living hadis yang sedang dan terus berkembang saat ini, utamanya terhadap hadis-hadis yang berhubungan dengan praktik keagamaan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.