Mengenal Lebih Dekat tentang Al-Qur’an al-Karim (1)

Al-Quran adalah kitab Suci umat Islam yang peminatnya begitu luas. Ia tidak hanya dibuka, dipelajari dan didalami oleh umat Islam, melainkan juga oleh pelbagai umat llain dari yang sudah bertuhan maupun yang belum.  Sejalan dengan misi Nabi Muhammad saw yang diutus kepada umat guna memberi rahmat kepada alam semesta, maka al-Qur’an tidak tertutup kemungkinan untuk ditelusuri dan didalami oleh mereka-mereka yang tergolong dalam non-Muslim di dalam kehidupan ini. Apa sebenarnya al-Quran itu? Mencakup apa unsur-unsur pengertiannya? Dan dimana sebenarnya pembeda utama antara Al-Qur’an dengan lainnya.

Pengertian Al-Quran
Al-Quran menurut bahasa berasal dari bahasa Arab: Qara-a, Yaqra-u, Qur’an. Yairu isim mashdari, dengan makna al-Maqru’, sesuatu yang dibaca. Karena al-Qura sejauh ini merupakan kitab yang sangat banyak dicara oleh manusia di siantro alam.
Adapun pengertian al-Qur’an secara istilah adalah, adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw, dengan perantaraan Malaikat Jibril a.s., yang diterimakan kepada kita secara mutawatir, yang dianggap ibadah dengan membacanya.

Unsur-unsur Kelengkapan
Ada enam unsur yang dapat ditetik dari pengertian al-Qur’an yaitu:
1. Firman Allah: Al-Quran merupakan firman Allah. Ia adalah wahyu yang dilihat dari sumbernya berasal dari Allah SWT, sebagai al-Khaliq, bukan berasal dari makhluk.
2. Turun kepada Nabi Muhammad: memang turunnya kepada Nabi Muhammad saw, tidak turun kepada selain Nabi Muhammad.
3. Malaikat Jibril: Dengan perantaraan Malaikat Jibril
4. Mutawatir: proses penyampaiannya secara mutawatir
5. Membacanya Ibadah: Pembaca al-Quran adalah dinilai sebagai ibadah, yang berbeda dengan pembacaan terhadap naskah-naskah lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: