Persiapan Menghadapi Puasa Ramadhan (2)

Selain menghadapi Ramadhan dengan dua persiapan di muka, ada tiga persiapan yang layak kita lakukan menghadapi puasa Ramadhan ini. Yaitu (1) Persiapan Mental, (2) Persiapan Fikriyah, dan (3) Persiapan Rukhiyah.

3- Persiapan Mental

– Puasa yang terbaik itu puasa yang terlihat optimal keseluruhan amalnya di akhirnya. Yaitu di akhir puasa Ramadhan, setelah hari demi hari didahului dengan mengadalan muhasabah.

– Secara mental, kita memang benar-benar siap melakukan puasa. Pada malam harinya, niat puasa dilakukan dengan azam yang kuat, sehingga mempermantap komitmen kita menjadi orang yang benar-benar melakukan puasa kita lahir dan batin. Yaitu, niat puasa yang berangkat dari keimanan yang yeguh dan melaksanakan amalan demi amalan secara optimal.

4- Persiapan Fikriyah

– Persiapan ini berupa persiapan pemikiran, yang pada intinya sambil menunaikan piasa nanti secara individu kit masing-masing ingin menjadikan puasa kita berisi dengan ilmu, perut tidak hanya lapar dan kerongkongan tidak hanya haus tetapi ada tambahan ilmu sambil ketika kita befpuasa.

– Dengan berangkat dari pemikiran mengisi kegiatan, maka dalam puasa kita banyak memperoleh tambahan nilai-nilai berharga; tidak saja berupa ibadah puasa sebulan Ramadhan, melainkan juga tambahan ilmu dari tadarus Al-Quran, mengaji hadis, juga kajian-kajian keagamaan yang lain.

5- Persiapan Rukhiyah

– Menjadikan bulan puasa ini bulan pelatihan dan evaluasi (syahrul muhasabah), yaitu bulan pendidikan jasmaniyah dan ruhaniyah yang mengait dengan peningkatan pertambahan keimanan kita.

– Menjadikannya sebagai bulan memperbanyak ibadah seperti selain tetap istiqamah dalam salat tarawih, witir, dan salat lainnya, tidak dilupakan untuk terus tadarus Al-Qur’an, banyak berdzikir, dan memanjatkan doa-doa.

– Tidak lupa juga, terus meningkatkan bobot amaliah Ramadhan dengan meninggalkan maksiat dan melakukan taubat dari kegiatan tidak terpuji dan kesalahan-kesalahan kita.

Sekian, semoga dengan melakukan persiapan yang mantap, puasa kita lancar dalam pelaksanaan, dan amaliah Ramadhan kita semuanya diterima oleh Allah Swt (Erfan Soebahar).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.