Perjalanan Keagamaan Umrah Pemkot Semarang ke Haramain (1)

 

Pada hari Kamis, 12 Mei 2022, rombongan perjalanan keagamaan diberangkatkan oleh Pemkot (Pemerintah kota) Semarang menuju Madinah lalu Mekkah dalam sepaket acara perjalanan ibadah umrah. Rasa kengen tentulah dapat dipenuhi, terutama kangen rohaniah pada Shahibbus Sayafaat Nabi Muhamad saw dan Ka’bah di Kota Makkah setelah masa pandemi Covid 19.

Tampaknya pemberangkatan ibadah Umrah kali ini adalah pemberangkatan yang menyenangkan, karena setelah masa pandemi Covid 19, pada bulan pelaksanaan masa umrah bulan Mei 2022 kali inilah yang dirasa momentumkan begitu longgar bagi kita untuk melaksanakan ibadah yang dinanti-nanti hadirnya sejak tahun lalu.

Memang suruhan memakai maskar jelas tampak terpampang di sana-sini pada sejumlah papan yang ditempatkan di tempat-tempat penting, mengingat masa sebelumnya sampai selama dua (2) tahun kita dalam bayang-bayang Covid 19, yang konon oleh beberapa kalangan disamakan dengan penyakit tha’un yang merenggut begitu banyak jiwa di pelbagai belahan dunia ini. Namun, begitu banyak prosentase jamaah yang pada kesempatan ini merasa aman dengan anugerah nikmat-Nya sehingga di tempat-tempat ibadah penting, mereka sudah terkesan seperti lupa tidak menggunakan masker, dan sepertinya mereka sudah nikmat dalam kondisi bagitu sekarang dengan yang kondisi terkini.

Semarang Jakarta
Kepergian perjalanan keagamaan umrah Pemkot Semarang kali ini memang tidak langsung menempuh Semarang Madinah, karena urusan Covid 19 belum sepenuhnya dapat dirersmikan sebagai sudah selesai. Maka sesuai dengan aturan yang ditentukan, bahwa peserta minimal sudah dua kali vaksin Covid 19, dan amat dianjurkan untuk melengkapi dengan vaksin ketiga yang sering disebut-sebut sebagai vaksin booster. 
Maka vaksin yang ketiga ini, termasuk tentunya vaksin miningitis adalah menjadi semacam rukun bagi kepergian kita dalam menunaikan umrah di tahun 2022 ini. Dan untuk mempermantap kepergian, dengan sudah menyandang vaksin tiga kali, peserta sudah kian mantap menaiki pesawat garuda GA 235 untuk bersama penumpang lainnya, berangkat via udara dari Bandara Ahmad Yani Semarang menuju Bandara Sukarno Hatta (Suta), berangkat pukul 10.15 dan tiba di tujuan pukul 11.35 WIB.

Jakarta, Oman, Madinah
Kebetulan rute yang membawa peserta Umrah menutu tujuan itu adalah maskapai penerbangan Oman.
Dengan menaiki maskapai penerbangan Boeing 787 Oman Air, Jakarta Oman yang membawa penumpang sekitar 450 orang perjalanan kami menuju tujuan sampai di Bandara Oman pukul 22.50 waktu Indonesia Barat.

Kemudian dilanjutkan dengan Beoing 678 yang berpenumpang sekitar 300 orang, kami menaikinya dari Oman pukul 24.35 dan sampai di Bandar Madinah pada hari Sabtu, pk 3.30 dinihari.     

Alhamdulullah, perjalanan keagamaan umrah Pemkot Semarang kali ini, sampai ke kota Madinah dinihari, sehingga pada saat pagi kami sudah menunaikan salat wajib lima waktu yang dimulai dengan melaksanakan salat subuh di pagi hari Sabtu 14 Mei 2022 ini (Erfan Soebahar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.