Mengisi Acara Doa Akhir Tahun 2023 di Masjid Al-Khusuf Pemkot Semarang

Acara Akhir Tahun di Tahun 2023 untuk kali pertama ini saya menghadirinya diadakan pada waktu siang hari. Tidak lazim memang, tetapi juga tidak kurang khidmahnya karena dilihat dari sudut akhir minggu secara ubudiah juga cukup relevan. Dilaksanakan pada hari Jum’at wage, ya tentu baik-baik saja. prosesnya berlangsung secara akrab dan khidmaah dari awal hingga akhir acara.

Susunan Acara
Sedianya sudah disiapkan acara yang berlangsung relatif lengkap. Misalnya jika pada waktu malam acaranya bisa ada ceramah atau arahan, zikir agak panjang dan dan do’a Akhir Tahun dan awal Tahun. Namun, karena beberapa pertimbangan maka acara yang berlangsung siang kali ini, dicukupkan dengan: Khotbah Jum’at dan Salat Jum’at, Doa Akhir Tahun 2023 dan Awal Tahun 2024, lalu Sambutan/Arahan yang disampaikan oleh Ibu Walikota Dr. Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Sos.

Materi Acara
Materi Acara Doa yang dipimpin oleh Ketua Umum MUI Kota Semarang, dipilihkan desain yang disepakati lebih dahulu dengan beberapa tokoh. Dari situ dapat disimak meliputi:
1.Dimulai dengan Pembacaan Surah al-Fatihah;
2.Dilanjutkan dengan penjelasan awal dań pembacaan doa Akhir Tahun 2023 dalam teks Arab oleh pemimpin doa yang diikuti oleh para jamaah;
3.Pembacaan Ayat Kursi yang dibagian potongan ayatnya ada yang diulang 52 kali;
4.Dilanjutkan dengan pembacaan bersama doa awal Tahun 2024, yang diiringi kemudian denga pembacaan doa khusus yang disampaikan oleh pemimpin doa.
Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dan pengarahan oleh Ibu Walikota Semarang.
Akhirnya, ditutup bergama dengan membaca Hamdalah (Erfan Subahar).

158 thoughts on “Mengisi Acara Doa Akhir Tahun 2023 di Masjid Al-Khusuf Pemkot Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *